Tuesday 13 October 2015

Aswa' Putri Abu Bakar As-Shiddiq Yang Gemar Bersedekah


Dialah Asma', putri dari Abu Bakar as-Shiddiq Istri dari Zubair bin Awwam. Asma' adalah wanita soleha dia bukanlah orang kaya, bukan juga istri dari suami yang kaya, tapi ia sangat dermawan dan rajin bersedekah. Setiap harinya, ia tak pernah menahan hartanya. Walaupun rizki yang ia dapat dari sang suami pas-pasan, ia tetap bersedekah. Jika ia memiliki suatu rezeki, tak pernah ia menahan rezeki tersebut hingga esok hari.

Kedermawanan Asma' sudah tidak diragukan lagi. Bahkan anaknya berkata, ""Jika memiliki sesuatu, ibu tidak pernah menyimpannya sampai esok."

Suatu hari, Asma' mendatangi Nabi Muhammad SAW dan menceritakan masalah ekonominya, "Apakah aku harus tetap bersedekah, ya Rasulullah?."

Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab, "Bersedekahlah, dan jangan menyimpannya. Sehingga Allah SWT akan menyimpan (pemberian-Nya) kepadamu."

Amalan sedekah ini memang mudah dilakukan bagi orang-orang yang yakin bahwa Allah SWT pasti akan mencukupkan kebutuhannya sehari-hari. Jangan khawatir menjadi miskin ketika kamu bersedekah, malah kamu akan menjadi kaya dan lebih kaya karena bersedekah.

Menjadi Dermawan dan menjadi ahli sedekah bukanlah hal yang sulit, asal Istiqomah dan Ikhlas karena Allah SWT. Dan untuk menjadi ahli sedekah tidak mesti nunggu menjadi orang yang kaya, cerita diatas menunjukan walaupun dengan hidup serba kekurangan atau keadaan miskin sekalipun kita masih bisa berbagi dengan orang lain (sedekah), bentuk dari sedekah banyak macamnya bukan hanya dengan materi, dan bersedekah sedikit pun juga asal Ikhlas karena Allah SWT, Niscaya akan dapat balasnya. Sesungguhnya karunia dan nikmat Allah SWT amatlah banyak.

Sumber : http://www.catatankecilku.net/2015/10/masya-allah-kisah-seorang-istri-miskin.html

No comments:

Post a Comment

POST COMMENT

Popular Posts