Saturday 23 May 2015

Surga Istri Pada Ridho Suaminya



Bismillahirohmanirohim...
Para Pembaca yang di Rakhmati Allah... InsyaAllah...
Pernah dan sering kita denger ungkapan "Surga Berada di Telapak Kaki Ibu" ungkapan tersebut merupakan sabda Nabi Besar Kita Muhamad SAW. Karena begitu besar jasa dan pengorbanan seorang ibu buat anak2nya, maka tak septutnya kita menyakiti apalagi mendurhakai ibu kita, karena surga haram buat seorang anak yang suka menyakiti dan mendurhakai seorang ibu.
Lantas bagainana dengan seorang perempuan yg sudah menikah ??? Ada ungkapan yg merupaka sabda dari Rosulullah SAW. "Surga Istri Ada Pada Ridho Suaminya",
Setiap istri yang meninggal dunia dan diridhai oleh suaminya, maka ia masuk surga." (HR. At- Tirmidzi)
Jika seorang istri melakukan Shalat lima waktu, puasa di bulan ramadhan, memelihara kemaluannya dan menaati suaminya, niscaya dia akan memasuki surga Tuhannya (HR. Ahmad)
Hal kecil yg bisa membuka kunci surga bagi seorang istri adalah, membuat seorang suami senang dan ridho.
Suatu hal yang seharusnya dan merupakan kewajiban seorang istri dari suaminya dan ibu bagi anak2nya adalah menyiapkan makanan buat suaminya dan buat anak2nya apabila itu dilakukan dengan penuh keikhlasan dan membuat hati suaminya senang dan ridho maka, pintu surga akan terbuka, karena kunci surga seorang istri adalah ada di suaminya, itu merupakan suatu hal yg kecil dan sepele tapi apabila dilakukan dengan penuh keikhlasan maka pintu surga akan terbuka.
Kita mungkin pernah dengar cerita sahabat Rosulullah SAW, kisah tentang seorang shahabiyah (sahabat wanita) Rasulullah yang tidak pernah keluar rumah selain atas izin suaminya. Hal itu istiqamah ia lakukan bahkan ketika ia mendapat kabar tentang wafatnya sang ayah. Saat itu banyak orang menghujat sikapnya yang tidak datang bertakziah ketika ayahnya wafat, namun ternyata Rasul mengatakan bahwa ia menjadi ahli surga disebabkan ketaatannya pada suami.
Kisah tersebut bisa kita jadikan contoh betapa Islam sangat menghargai hak-hak suami atas istrinya. Karena pernikahan merupakan sebuah perjanjian mulia yang di dalamnya terdapat hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan seorang suami pada istrinya, maupun yang harus dilakukan istri pada suaminya.
Hak-hak suami yang wajib dipenuhi istri sangatlah agung. Begitu agungnya sampai Rasulullah pun bersabda,
“Seandainya Aku suruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, maka aku suruh seorang istri sujud kepada suaminya.”(HR Abu Daud dan Al-Hakim).
Tidak cukup sampai di situ saja, bahkan bagaimana sikap seorang istri dalam memenuhi hak suaminya tersebut bisa menjadi penentu nasibnya di akhirat kelak. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Perhatikanlah selalu bagaimana hubungan engkau dengan suamimu, karena ia adalah surgamu dan nerakamu”(Shahih. Riwayat Ibnu Abi Syaibah, Ath Thabrani).
Sahabat Pembaca yg di Rakhmati Allah SWT, InsyaAllah....
Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. (QS. An-Nisaa: 34)
Karena begitu besar Beban yg dipukul seorang suami, sampai2 sabda Rosulallah SAW "semua dosa dari istri2 dan anak2 mu akan di pikul oleh seorang suami" maka selayaknya laah seorang istri harus taat dan patuh atas perintah suaminya.
Sahabat Pembaca Yang di Rakhmati Allah SWT. InsyaAllah...
Demikian lah artikel yang kali ini saya buat, mudah2an ada manfaat dan ada barokahnya, maafkan apabila ada sedikit tulisan yg tidak tepat atau salah, mohon utk dikoreksi, karena saya hanyalah manusia biasa yg tempatnya salah, yg benar dan hak hanyalah milik Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

POST COMMENT

Popular Posts