Friday 30 April 2010

Ayooo!!!!! Beramal Sholeh Dengan BerSEDEKAH


Assalamualaikum Wr.Wb.

Kondisi ekonomi yang semakin menghimpit kehidupan seringkali menumbuhkan rasa frustasi di kalangan masyarakat kita yang setiap hari semakin sulit untuk bertahan hidup. Usaha mencari sesuap nasi menjadi beban hidup yang tak berkesudahan. Berbagai cara dihalalkan untuk mendapatkannya. Tak jarang rasa frustasi ini menjadikan alasan untuk melakukan tindakan-tindakan tercela sehingga hidup ini tidaklah lagi menjadi Rohmatan Lil Alamin. Kriminalitas meningkat, penyakit masyarakat semakin merajalela, iri dan dengki bertumbuh subur merusak moral bangsa yang menyebabkan pemerasan menjadi budaya dan cara yang lazim untuk memperkaya diri, pencurian menjadi bagian yang rutin terjadi dalam kehidupan kita, perampokan dan korupsi juga menjadikan tontonan yang rutin dalam setiap sajian televisi. Jelas konsep-konsep hidup tercela ini keluar dari ajaran Islam. Ada apakah ini? Mengapa ini terjadi?

Semua ini terjadi karena cara pandang yang keliru. Pola pikir umat yang kebanyakan sangat jauh dari sikap dan budaya beramal. Kebanyakan orang berfikir bahwa dengan mengambil sesuatu dari orang lain, dengan menipu, dengan memaksa, dengan memeras atau mengancam, semua itu akan mendatangkan kekayaan. Logika manusia berfikir bahwa dengan "MENGAMBIL" maka saya akan kaya. Sebaliknya dengan "MEMBERI" maka saya akan miskin, sehingga tampaknya beramal dan bersedekah adalah hanya suatu hal yang membuat beban hidup semakin menjadi-jadi. Namun pikiran ini adalah sangat keliru. Allah SWT tidak memberlakukan hukum yang dibuat-Nya berlaku seperti itu. Hukum Allah berjalan terbalik dengan logika manusia tadi. Justru dengan "MENGAMBIL" yang bukan haknya dan KIKIR maka akan menjadi miskin, dan justru "MEMBERI"-lah yang akan membuat kita kaya atas pemberian Allah Al-Wahhaab Yang Maha Memberi.

Sedekahku.com hadir di tengah-tengah kehidupan kita dengan tujuan untuk membangun semangat beramal soleh bagi umat Muslim se-Indonesia. Suatu semangat yang InsyaAllah akan mampu merubah pandangan logika orang kebanyakan tentang bagaimana menjalani hidup berkaitan dengan ekonomi. Semakin banyak kita beramal maka atas Izin Allah SWT kita akan bertambah kaya dan bertambah mudah rezeki dan ringan beban hidup hidupnya, bukan sebaliknya. Semangat ini yang kami perjuangkan, insyaAllah demi kemakmuran Bangsa Indonesia.

Allah SWT sangat memerintahkan kita untuk melakukan transaksi "ekonomi" dengan-Nya untuk mendapatkan keuntungan "ekonomis". Allah SWT menyuruh kita mengeluarkan sebagian rizki yang telah dikaruniakan kepada kita. Allah SWT Berjanji akan menggantinya dengan berlipat-ganda. Allah SWT memberikan perumpamaan amalan sedekah yang kita keluarkan seperti menanam bibit di tanah yang subur yang akan selalu tumbuh dan berbuah lebat lalu kita panen hasil bercocok tanam tersebut.

Perumpamaan orang-orang yang mengamalkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir bibit yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir bertumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki dan Allah SWT Maha Luas karunia-Nya dan Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 261)

Beramal sholeh dengan bersedekah bukanlah hak bagi orang-orang kaya saja, bukanlah hak bagi orang-orang yang berkelebihan harta saja. Pada dasarnya Rizki Allah sangatlah luas. Sebutir padipun itu adalah Karunia-Nya. Siapapun berhak bersedekah dan bertransaksi dengan Allah SWT. Hanya Iman dan Taqwa yang membatasinya.

Ayooo!!!!! Beramal Sholeh dengan berSEDEKAH.

Wassalamualaikum, Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment

POST COMMENT

Popular Posts